Selasa, 29 November 2016

KEPEMIMPINAN TRANSAKSIONAL DAN TRANSFORMASIONAL

Kasus Berdasarkan Kepemimpinan Transaksional dan Transformasional

1. Kepemimpinan Transaksional

Burns (1978) mendefinisikan kepemimpinan transaksional sebagai kepemimpinan berdasarkan transaksi atau pertukaran yang terjadi antara pemimpin dan bawahan. Pertukaran ini didasarkan pada diskusi pemimpin dengan pihak-pihak terkait untuk menentukan kebutuhan, spesifikasi serta kondisi imbalan atau hadiah yang akan diberikan kepada bawahan jika bawahan memenuhi atau mencapai syarat-syarat yang ditentukan oleh pemimpin.

Kasus: 

Citizen6, Jakarta Sejak Kamis, 5 Februari 2015 hingga hari ini Jumat (6/2/2015), publik diramaikan dengan kabar bahwa Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok akan memberikan tawaran yang menggiurkan bagi masyarakat yang memotret angkot yang sedang mengetem.
Seperti yang Anda tahu, salah satu penyebab kemacetan di Jakarta adalah tingkah para sopir angkot yang seenaknya mengetem mobilnya di sembarang tempat untuk mengambil ataupun menurunkan penumpang sehingga menimbulkan penumpukan kendaraan lainnya yang menyebabkan macet. Banyaknya sopir angkot yang mengabaikan tata tertib lalu lintas nyatanya membuat Ahok geram. Beragam cara pun dipakai Ahok untuk mengetahui angkot dengan nomor plat berapa yang masih bandel dalam mentaati tata tertib lalu lintas di Jakarta. Salah satunya dengan mengajak masyarakat untuk mengambil gambar angkot yang mengetem, dan menariknya Ahok akan memberikan imbalan uang tunai sebesar Rp 50 ribu. 
"Kirim gambar (foto -red) saja. Satu gambar Rp 5.000 sampai Rp 50.000. Foto biar saya bisa tahu plat nomornya berapa," ucap Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (4/2), dilansir hai-online.com pada Jumat (6/2/2015). Pernyataan Ahok pun langsung mendapat sorotan masyarakat. Pantauan Citizen6 perbincangan tersebut nyatanya menjadi topik populer di linimasa Twitter, terlihat beragam ciapan diungkapkan onliner dalam menanggapi pemberitaan tersebut. Bahkan onliner merasa senang karena akan mendapat uang tambahan jika berpatisipasi dalam sikap yang diambil Ahok.

Analisis Kasus: Kepemimpinan yang diterapkan oleh Ahok termasuk ke dalam kepemimpinan transaksional. Mengapa demikian? Karena usaha yang dilakukan Ahok dalam mengurangi kemacetan yang disebabkan oleh angkutan umun yang sering mengetem seenaknya di jalan melibatkan masyarakat setempat, di mana Ahok akan memberikan imbalan sebesar Rp. 5000 sampai Rp. 50.000 kepada masyarakat yang dapat mengambil gambar/foto angkutan umum yang sedang mengetem. Hal tersebut sesuai dengan teori yang dijelaskan oleh Burns bahwa dalam kepemimpinan transaksional adanya transaksi atau pertukaran yang terjadi antara pemimpin dan bawahan, dapat berupa imbalan atau hadiah. Dari sejumlah imbalan yang diberikan oleh Ahok kepada masyarakat yang berhasil mengambil gambar angkutan yang mengetem dapat memotivasi masyarakat untuk berpartisipasi dalam memperbaiki kemacetan di ibu kota.


2.    Kepemimpinan Transformasional

Bass (1997) mendefinisikan bahwa pemimpin transformasional adalah seseorang yang meningkatkan kepercayaan diri individual maupun grup, membangkitkan kesadaran dan ketertarikan dalam grup dan organisasi, dan mencoba untuk menggerakkan perhatian bawahan untuk pencapaian dan pengembangan eksistensi.

Contoh kasus: Mahatma Gandhi secara khusus merupakan gambaran ideal dari seorang pemimpin transformasional. Kepemimpinan Gandhi mengedepankan nilai “non-kekerasan” dan nilai-nilai lainnya yang bersifat egalitarian, nilai-nilai mana sungguh memberikan dampak perubahan dalam diri orang-orang dan lembaga-lembaga di India. Kepemimpinan Gandhi sungguh memiliki tujuan secara moral, karena tujuannya adalah memenangkan kemerdekaan pribadi bagi orang-orang sebangsanya dengan membebaskan mereka dari penindasan oleh pemerintah kolonial Inggris. Kepemimpinan Gandhi mmapu mengangkat para pengikutnya ke tingkat moral yang lebih tinggi dengan melibatkan mereka dalam aktivitas-aktivitas non-kekerasan guna mencapai keadilan sosial.












Daftar Pustaka
Bass, B.M. (1997). Personal selling and transactional/transformational leadership. Journal of Personal Selling & Sales Management, Vol. XVII, No. 3 (Summer 1997, Pages 19-28).
Burns, J.M..(1976). Leadership, perennial, an imprint of harpercollins publishers. www harpercollins.com
Kuhnert. (1994). Transactional and transformational leadership: A constructive/ developmental analysis. Academy of Management Review, 12,648-657 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar